Parah! Posting Tulisan Soal Rohingya, Afi Nihaya Diduga Kembali Plagiat



Afi Nihaya, gadis asal Banyuwangi, Jawa Timur ini lagi-lagi membuat netizen heboh. Ia selama ini dikenal masyarakat lantaran sering melakukan plagiasi terhadap tulisan beberapa orang. Namun parahnya, meski sudah seringkali ketahuan, ia sepertinya tak jera dengan ulahnya itu. Seperti halnya kali ini, ia berulah lagi.

Meskipun melakukn plagiasi secara berulang, parahnya lagi ia merasa dirinya merupakan korban bully netizen. Padahal, seperti yang kita ketahui ulahnya itu merupakan buah hasil tindakannya yang seringkali melakukan plagiasi karya orang lan. Nah, setelah cukup lama tak terdengar kabarnya, kali ini Afi datang dengan tulisan mengenai kasus Rohingya.

Namun sayangnya, lagi-lagi tulisan tersebut diduga merupakan hasil plagiasi. Tulisan yang ia unggah itu diduga merupkan karya dari Eko Kunthadi. Afi tidak menuliskan nama penulis pertama pada postingannya itu. Dan fakta tersebut diungkapkan oleh salah satu akun gosip di Instagram @makrumpita pada Selasa (5/9/2017).

Terang saja, hal tersebut membuat Afi kembali dibully dan dihujat oleh netizen. Warganet ramai-ramai menghujat gadis yang dulu pernah dielu-elukan banyak orang itu. Dan setelah ramai dituduh plagiasi lagi, akun Facebook Afi mendadak langsung raib.

Begini potongan tulisan yang Afi tulis tanpa sumbernya, seperti yang diwartakan oleh Tribunnews.com

“JANGAN IMPOR KONFLIK ROHINGYA KE SINI!”

Hari ini di beranda saya banyak berseliweran orang yang menuliskan status soal warga Rohingya, Myanmar.

Sebagai ungkapan kemanusiaan tentu saja saya apresiasi.

Di manapun tempatnya, kejahatan terhadap kemanusiaan wajib kita lawan. Kita juga wajib membela korban.

Hanya saja ada banyak orang salah fokus ketika mereka menganggap tragedi Rohingya adalah penindasan pada warga muslim oleh penganut Budha.

Yang salah fokus tentu saja orang yang biasanya malas membaca…”

Diduga kuat tulisan tersebut hasil plagiasi. Pasalnya Eko mengunggah tulisan itu di laman pribadinya pada 1 September 2017. Sementara Afi memposting tanggal 2 September 2017. Dan saat ini akun Facebook Afi mendadak hilang.


Subscribe to receive free email updates: